templatePOSTabbaworship

The Art of War

Kengerian merasuki sebuah bangsa, karena sebuah kabar teror akan terjadi pada tempat tinggal mereka, bahkan seorang raja yang pada waktu itu memerintah pun merasakan kegelisahan karena kabar tersebut. Bagaimana tidak 3 bangsa diujung pandang mereka membuat sebuah aliansi untuk sekaligus maju memerangi mereka. Hmm.., 3 bangsa mungkin berarti 3 kali jumlah mereka, 3 jendral perang terbaik dari masing-masing bangsa pun ada diantara mereka, dan bukan hanya 1 ahli strategi perang namun mungkin juga 3 ahli strategi terbaik pun bersama mereka. Wow.., Sebuah fakta yang cukup mengkhawatirkan untuk dihadapi.

Momok itu lah itu menjadi ‘beban yang berat’ bagi sang raja, sampai-sampai beban itupun ‘memaksa’ dia untuk kembali ‘berlutut’. Namun ternyata itu menjadi awal dari kemenangan mereka, bahkan ‘ide gila’ berikutnya muncul, bangsa itu menyanyikan pujian dan nyanyian syukur dengan semaraknya dihari perang mereka. Disaat itulah ‘peperangan mereka sebenarnya terjadi’

2 Tawarikh 20:22 “Ketika mereka mulai bersorak-sorai dan menyanyikan nyanyian pujian, dibuat Tuhanlah penghadangan terhadap bani Amon dan Moab, dan orang-orang dari pegunungan Seir, yang hendak menyerang Yehuda, sehingga mereka terpukul kalah”.

Ya, mereka menang ‘sebelum berperang’. ini menjadi kunci mereka mengalahkan aliansi musuh bangsa mereka. Saya terhenyak dengan kisah ini, terkadang Tuhan ‘memberikan beban yang berat’ supaya anda tidak lagi berdiri melainkan mengganti posisi anda dengan ‘berlutut’. Ya.., sebuah ‘beban’ yang menegur anda supaya anda tetap rendah hati seperti sebuah peringatan “Keep Humble or you’ll Stumble”. Karena lewat ‘lutut’( ‘doa’ ) anda, anda sedang berkata “saya terbatas dan Tuhan saya tidak terbatas”, dan lewat puji-pujian dan penyembahan anda ‘mendeklarasikan iman anda’, ketika itulah deklarasi iman anda menjadi genap.

Ketakutan, kegetiran dan kegelisahan yang selama ini ada menjadi lenyap digantikan dengan damai sejahtera untuk anda, supaya anda bisa meresponi dengan benar di situasi yang ada dihadapan anda, karena kemenangan terbesar adalah ketika anda bisa menundukkan setiap respon anda seusai dengan Kebenaran.

Ingatlah kunci bangsa ini memenangi peperangan mereka, ada kuasa didalam doa dan penyembahan anda.

Tuhan memberkati

Harry Setyadi
Harry adalah salah satu Strategic Leaders dari Abbalove Barat sekaligus pemimpin jemaat dari Abbalove To Generation (A2G Barat). Sehari-hari berprofesi sebagai General Manager dari Metanoia Publishing dan dikenal sebagai pemimpin dengan karunia penggembalaan yang kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *