templatePOSTabbaworship

Senandung dari Penjara

Lembab, gelap dan ada aroma tidak sedap, mungkin ini gambaran penjara masa lalu yang ada pada waktu itu. sebuah tempat yang tidak ada orang yang ingin berada didalamnya,  namun seakan-akan tempat inilah yang sering ‘dikunjungi’ oleh rasul-rasul pada waktu itu. Salah satu ‘kunjungan’ terjadi saat mereka melayani di filipi, kesuksesan pelayanan mereka pada waktu itu mendapat imbalan tiket kedalam penjara dengan bonus dihajar terlebih dahulu dan pakaian mereka dikoyakan. Ya, dalam kondisi demikian mereka dilemparkan ke dalam penjara dan lengkap dengan belenggu di kaki dan tangan mereka.

Perihnya luka setelah didera, lembabnya penjara seakan bukan kombinasi yang tepat untuk kesembuhan bagi luka-luka tersebut apalagi dengan sebuah kenyataan kesuksesan pelayanan mereka ternyata yang membuat mereka berada di sana. Sebuah fakta yang tidak  mudah untuk dihadapi. Pelan-pelan ada senandung yang memecahkan keheningan di dalam penjara, terdengar doa dan kemudian nyanyian yang ‘memenuhi’ penjara. Semakin lama semakin terdengar  jelas bahwa nyanyian itu adalah ‘nyanyian pujian’ kepada Allah, buat sebagian narapidana yang bersama dengan mereka terdengar ‘aneh’, mengapa orang-orang ini mengucap ‘syukur’ justru ketika mereka didalam penjara bahkan setelah didera? Belum habis mereka bertanya-tanya, tiba-tiba gempa bumi yang hebat terjadi kemudian semua pintu penjara dan belenggu mereka terlepas. Sebuah peluang untuk kabur dari kegelapan penjara, namun rasul-rasul tetap pada tempatnya bahkan SELURUH narapidana tetap pada tempatnya!! Sebuah fenomena yang aneh. Namun itulah yang terjadi, nyanyian itu membuka belenggu dan pintu, bahkan membawa sebuah ‘atmosphere’ baru di penjara, menjadi tempat yang ‘nyaman’ untuk ditinggali daripada ‘kebebasan semu’ narapidana itu.

Inilah nyanyian dari penjara, sebuah nyanyian yang membongkar belenggu dan pintu  dan membawa ‘atmosphere baru’ di dalam tempat yang gelap menjadi tempat yang nyaman. ya sebuah nyanyian pengucapan syukur yang lahir dari hati, yang menyatakan iman percaya kepada TUHAN lebih dari fakta apa yang mereka hadapi, akan membawa kuasa yang besar bukan hanya untuk diri kita sendiri juga untuk orang-orang sekitar kita.

Seringkali ada momen-momen di mana kita seakan mengalami seperti rasul-rasul tersebut namun jangan pernah menyerah, jika ada keinginan untuk bersungut-sungut gantilah dengan pengucapan syukur dan percaya bahwa Allah turut bekerja dalam segala hal mendatangkan kebaikan(Roma 8:28). Sehingga nyanyian iman anda menjadi nyanyian dari penjara yang berkuasa. Tuhan Memberkati :)

Harry Setyadi
Harry adalah salah satu Strategic Leaders dari Abbalove Barat sekaligus pemimpin jemaat dari Abbalove To Generation (A2G Barat). Sehari-hari berprofesi sebagai General Manager dari Metanoia Publishing dan dikenal sebagai pemimpin dengan karunia penggembalaan yang kuat.

One thought on “Senandung dari Penjara

  1. tulisan yang singkat, tetapi sangat tajam untuk mengingatkan kita tentang arti penyembahan yang sesungguhnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *